Tips Meningkatkan Koneksi Internet Anda

Posted in 15 June 2009
by DareDeviL

Menjadi hal yang banyak dikeluhkan pengguna internet adalah lambatnya koneksi internet. Diakui atau tidak Indonesia tercinta ini memang belum memberikan harga yang murah untuk koneksi internet, tidak seperti beberapa negara lain yang internet sudah menjadi sesuat yang murah untuk dimiliki terutama untuk personal.

Salah satu cara meningkatkan akses internet adalah mengatur atau mengoptimasi konfigurasi atau setting di Sistem Operasi seperti Windows. Meskipun pengaruhnya bisa berbeda-beda karena akses internet juga dipengaruhi oleh banyak faktor seperti dari software, hardware, kesibukan trafik di jaringan yang digunakan dan lainnya.

Untuk Sistem Operasi Windos, anda bisa mengatur beberapa setting di registry atau bisa menggunakan beberapa software pihak ke 3 yang bisa anda peroleh secara gratis. Berikut beberapa yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan akses internet anda.

  1. TCP Optimizer
    Program yang bisa anda peroleh secara gratis ini menyediakan fasilitas untuk mengoptimalisasi koneksi internet yang anda gunakan.

    Note: Sebelum melakukan perubahan dengan software ini, backup terlebih dahulu registrynya melalui menu File > backup Current Setting, sehingga jika nantinya ada masalah dengan perubahan yang dibuat oleh TCP Optimizer, anda bisa mengembalikan setting ke awal, meskipun sudah ada juga menu Restore Windows Default Setting, untuk mengembalikan setting windows bawaannya.

    Cara penggunaannya cukup mudah, pada tab General Setting dan Advanced Setting ada pilihan Optimal Setting (bagian bawah) yang bisa diaktifkan. Program ini juga memberikan fitur advanced bagi yang ingin/bisa engedit registry windows yang berhubungan dengan koneksi Internet. Tetapi untuk memanfaatkan fitur ini, perlu banyak membaca Dokumentasi, forum dan penjelasan di websitenya.

    Download TCP Optimizer ( 596 KB)

  2. TCP-Z
    Sebagian Windows, pada settingan default hanya mengijinkan 10 koneksi setiap detik, sehingga hal ini bisa menyebabkan koneksi menjadi lambat, terutama jika anda menggunakan banyak aplikasi yang terkoneksi ke internet. Pengaturan setting ini disimpan di file sistem tcpip.sys.

    Dengan aplikasi TCP-Z anda bisa mengubah pengaturan banyaknya koneksi ini dengan mudah. Pengaturan bisa dilakukan hanya di memori komputer, sehingga tidak perlu me-restart komputer dan langsung terlihat hasilnya, yangjelas TCP-Z tidak akan merusak atau mengubah file windows.

    Software ini juga menyediakan fitur untuk melakukan patch, serta menginstall driver agar setting ini bisa permanen (tidak tergantung harus menjalankan program ini).

    Cara Penggunaan TCP-Z:

    Setelah anda men-download-nya, buka file zip tersebut dan jalankan file TCPZ.exe ( atau TCPZ64.exe jika windows yang digunakan merupakan windows 64 bit). Ada beberapa seperti berikut:

    • Tab TCP yang memberikan informasi file tcpip.sys dan grafik banyaknya koneksi dan kecepatan download/upload.
    • Tab Patch, melihat bagian Patch Memory yang menunjukkan Old value dan New Value. Anda bisa mengatur New Value dengan menggeser slidebar disampingnya dan klik Apply. Untuk melihat hasilnya, gunakan untuk browsing, download atau lainnya dan lihat Tab TCP sebelumnya.

    TCP-Z juga memungkinkan mengubah file-nya langsung atau menginstall TCP-Z Virtual Device Driver. Selengkapnya bisa dibaca dokumentasinya

    Download dan dokumentasinya ada disini

  3. Menonaktifkan Fitur Auto Update
    Di sistem operasi windows,pada setting default (bawaan) diatur agar windows senantiasa melakukan pengecekan update ketika terkoneksi ke internet, dan jika ada update terbaru maka windows akan langsung melakukan download tanpa konfirmasi. Sehingga tanpa anda sadari sering bandwith internet anda terpakai penuh.

    Anda bisa mematikan fitur ini dan jika ingin melakukan update bisa di proses secara manual atau mengaktifkan kembali di lain waktu.
    Mematikan fitur auto Update:

    • Klik kanan My COmputer > Properties ( atau Pilih Start menu > Run dan ketikkan sysdm.cpl lalu tekan ENTER)
    • Pilih tab Automatic Update
    • Pilih Turn off Automatic Updates
  4. Scan komputer dari Malware, spyware dan virus
    Jika komputer terinfeksi malware ( trojan, worm, virus ), spyware atau virus, maka bisa menyebabkan koneksi atau akses internet lambat, tidak hanya kinerja komputer. Untuk scan spyware bisa menggunakan Spybot Search and Destroy, Spyware Terminator dan lainnya.
  5. Software lainnya
    Ada software lainnya yang menyertakan tools atau fasilitas untuk membantu mempercepat koneksi internet atau setting jaringan, dan anda tidak perlu langsung membuka atau mengedit registry. Misalnya Advanced System Care ( dengan Firefox TCP Optimizernya), TuneUp Utilities ( dengan TuneUp System Optimizer-nya) dan lainnya.